Cara memasarkan beras organik
– Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, kita semua tentu
sudah sangat tahu tentang hal itu. Kebanyakan masyarakat Indonesia
mengkonsumi beras putih dari padi yang ditanam di sawah dan diberi rabuk
(pupuk) yang berasal dari pestisida kimia.
Beras yang banyak diberi zat kimia tentu
tidak baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara terus menerus dalam waktu
yang lama. Hal ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Lalu,
apakah kita harus berhenti mengkonsumsi beras?
Kalau bisa sih lebih baik begitu. Tapi
sebagai orang Indonesia asli, saya yakin akan sangat sulit untuk
melakukannya. Atas kegelisahan hal ini, muncullah budidaya beras organik
yang lebih sehat, dan lebih terjamin mutunya.
Beras organik adalah beras yang ditanam
pada lahan yang bebas pestisida, sehingga lebih ramah lingkungan.
Dibutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan beras organik yang
benar-benar murni.
Untuk mengembalikan ekosistem tanah
bekas pestisida tidaklah mudah. Setidaknya membutuhkan waktu antara 5-15
tahun. Selain itu lokasi lahan beras organik juga harus jauh dari
berbagai macam polusi. Mulai dari polusi pabrik, asap kendaraan, dan
berbagai macam limbah.
Belum lagi kontur tanahnya yang harus
menggunakan teknik terasering. Lahan-lahan pertanian di dekatnya juga
tidak boleh ada yang menggunakan pestisida. Ditambah sistem pengairanna
juga harus baik. Tidak boleh bercampur dengan bekas pengairan lahan
berpestisida.
Maka dari itu beras organik harganya mahal. Dan sebagai pengusaha, tentu kita harus menangkap hal ini sebagai sebuah peluang usaha yang menguntungkan. Namun masalahnya, masyarakat Indonesia belum sepenuhnya paham dengan kegunaan beras organik.
Jika anda sekarang sedang atau akan
memulai bisnis beras organik dan mengalami masalah seperti di atas, anda
bisa menggunakan teknik sukses cara memasarkan beras organik berikut
ini.
Cara memasarkan beras organik :
-
Kenali target market
Target market dalam bisnis adalah hal utama. Bisnis anda akan berhasil jika anda betul-betul memahami target market yang menjadi sasaran anda. Untuk beras organik, target marketnya adalah masyarakat kelas menengah atas. Hal ini dikarenakan harga beras organik yang mahal. -
Buat merk yang tepat
Merk atau brand juga perlu diperhatikan dengan baik dalam bisnis. Dengan merk yang tepat, konsumen akan mudah mengenali produk kita. Untuk beras organik, sebaiknya merk memiliki keterkaitan dengan kesehatan.
Orang seringkali tidak segan-segan merogoh kocek yang cukup mahal untuk masalah kesehatan. Di sini produk anda akan dilihat dari sisi manfaat dan valuenya. Maka dari itu, ciptakanlah merk yang bisa membuat mindset masyarakat akan beras organik merah hanya tertuju pada produk anda. -
Gaya komunikasi yang tepat
Gaya komunikasi yang tepat akan mempermudah anda dalam menggiring mindset masyarakat menuju produk beras merah organik yang anda miliki. Salah satu caranya yaitu dengan menyesuaikan pola pikir target market.
Komunikasi harus bersifat edukasi. Sebagai contoh, anda bisa menjelaskan perbedaan beras biasa dengan beras organik ditinjau dari segi kesehatannya. Anda bisa menambahkannya dengan beberapa referensi hasil penelitian beras organik untuk memperkuat produk.
Komunikasi produk bisa anda lakukan melalui media offline maupun online. Untuk media online, anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, path, instagram, dan blog. Sedangkan media offlinenya, anda bisa memanfaatkan koran, majalah, brosur, tabloid, dll. -
Pelayanan maskimal terhadap pelanggan
Anda harus benar-benar memaksimalkan pelayanan pelanggan. Karena ini termasuk masih awam di masyarakat Indonesia, anda bisa mulai dengan membuka layanan edukasi tentang beras merah.
Di layanan tersebut konsumen dapat memberikan segala pertanyaan tentang beras organik dan anda pun bisa langsung menjawabnya. Hal ini tentu akan semakin membuat konsumen yakin akan produk beras organik milik anda. Selain itu anda juga mencantumkan layanan delivery (pesan antar) beras organik. -
Pameran dan talkshow
Untuk memperluas pasar, anda juga mengikuti berbagai pameran yang sesuai dengan karakter produk yang anda jual. Misalnya pameran makanan sehat atau pameran yang berhubungan dengan kesehatan.
Jika dana promosi anda cukup banyak, tidak ada salahnya untuk mengadakan talkshow mengenai beras organik anda. Hal ini tentu akan menguatkan brand atau merk beras organik yang anda miliki.
Undang pembicara yang kompeten di bidang kesehatan atau peneliti di bidan beras organik. Edukasi yang diberikan langsung oleh ahlinya dapat mendorong orang untuk lebih yakin terhadap produk beras organik yang anda miliki.
Selain di kota-kota besar, bisnis beras
organik juga bisa dijalankan di kota-kota kecil dengan tingkat sosial
ekonomi yang baik. Jika cukup modal atau usaha sudah mulai berkembang,
sebaiknya anda memiliki outlet percontohan di berbagai kota untuk
memperkuat brand beras organik yang anda miliki.
Sumber: